PT TMMIN Ekspor Fortuner 2 Juta Unit ke Australia, Jokowi Banggakan Kualitas Karya SDM Indonesia

- Selasa, 15 Februari 2022 | 19:20 WIB
Presiden Joko Widodo saat meninjau produk ekspor Toyota Fortuner dalam acara Pelepasan Ekspor Perdana 2 Juta Unit Fortuner ke Australia oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. /Dok PT TMMIN/
Presiden Joko Widodo saat meninjau produk ekspor Toyota Fortuner dalam acara Pelepasan Ekspor Perdana 2 Juta Unit Fortuner ke Australia oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. /Dok PT TMMIN/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas perdana 2 juta unit Toyota Fortuner ke Australia yang dilakukan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Kawasan Industri KIIC, Karawang, Selasa, 15 Februari 2022.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menyatakan, bahwa pandemi Covid-19 bukan menghadirkan ujian dan tantangan, tetapi membuka untuk bisa mengambil peluang dan kesempatan engambil pasar-pasar baru.

''Peluang itu hari ini, telah terbukti diambil kesempatan dengan baik oleh PT Toyota Motor Manufacturing, dengan ekspor perdananya ke Australia,'' ungkap Presiden Joko Widodo sebagaimana dikutip dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Baca Juga: Empat Terduga Teroris yang Ditangkap di Jateng Ditetapkan Tersangka, Berikut Ini Rekam Jejaknya

Jokowi juga menyatakan, sangat menghargai dan sangat mengapresiasi, saat menilik Fortuner produksi PT Toyota Motor Manufacturing untuk ekspor perdananya ke Australia. ''Produk ini dihasilkan SDM-SDM Indonesia, yang memiliki kualifikasi sangat baik untuk produk ekspor,'' paparnya.

Ditambahkan pula, bahwa sebuah produk ekspor akan berkompetisi dengan produk-produk lain dari negara-negara produsen mobil. Jadi, katanya lagi, bukan hanya sendirian di pasar, tetapi konsumen akan memilih kalau produk Indonesia memiliki kualitas, dan kualifikasi yang baik untuk dipakai.

''Ini membuktikan bahwa SDM-SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang baik dalam memproduksi mobil. Sangat teliti, sangat cermat, sangat hati-hati karena ini menyangkut keselamatan orang,'' tandas Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Permenaker Soal JHT Timbulkan Pro dan Kontra, Begini Penjelasan Menaker Ida Fauziah

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo juga menyatakan sangat menghargai upaya Menteri Perindustrian, untuk terus mendorong ekspor mobil ke hampir 80-an negara di empat benua.

''Saya senang bahwa kandungan lokalnya, TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sudah mencapai lebih dari 75 persen, local purchasenya. Dan banyak komponen, banyak spare part, juga aksesoris-aksesoris mobil disuplai dari industri-industri UKM kita. Ini juga sangat baik untuk menghidupkan usaha-usaha kecil yang ada di negara kita,'' katanya, bangga.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X