Indonesia Bayar Bunga Utang Per Tahun Rp 273 Triliun, Rizal Ramli: Pemerintah Harus Bikin Terobosan Baru

- Minggu, 13 Juni 2021 | 10:51 WIB
lustrasi hutan. Ekonom RIzal Ramli menyarankan pemerintah untuk menukar pembayaran utang dengan reboisasi atau penanaman hutan kembali. /Pixabay/Free-Photos
lustrasi hutan. Ekonom RIzal Ramli menyarankan pemerintah untuk menukar pembayaran utang dengan reboisasi atau penanaman hutan kembali. /Pixabay/Free-Photos

JAKARTA,suaramerdeka-wawasan.com-Beban utang Indonesia makin besar. Permasalahan utama adalah membayar bunga utang sebesar Rp 273 triliun per tahun. Untuk itu, perlu kerja keras dan membuat terobosan-terobosan guna meringankan beban utang.

Pakar Ekonomi Rizal Ramli mengungkapkan bahwa seharusnya Pemerintah lebih fokus kepada masalah itu, daripada menaikkan PPN untuk sembako dan pendidikan.

“Caranya gimana? Lakukan langkah-langkah dong, terobosan, supaya kewajiban bunga itu bisa dipotong menjadi setengahnya,” ucapnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari kanal Youtube Karni Ilyas Club, Minggu 13 Juni 2021.

Baca Juga: Soal Sewa Halikopter, Dewas : Ketua KPK Firli Bahuri Melanggar Kode Etik

Ketika ditanya apakah pemotongan bunga utang tersebut mungkin dilakukan, Rizal Ramli menyebut hal itu memungkinkan.

Dia pun menceritakan perjalanannya ke satu negara besar sebelum Covid-19, dan bertemu gubernur bank sentral di sana yang merupakan teman lamanya.

“Saya bilang, Kamu kan sekarang kalau nerbitin surat hutang, kamu bayar bunga kepada yang minjem. Istilahnya negatif, minus satu persen. Kita, Indonesia kalau nerbitin surat utang, bunganya itu 7,5 persen. Mau gak kita swap? Kamu ambil surat utang kita, saya kasih kamu bunga plus satu persen,” tutur Rizal Ramli.

Dia mengatakan bahwa Gubernur bank sentral tersebut merasa senang jika Indonesia bersedia melakukan hal itu.

Baca Juga: Amerika Beli 500 Juta Dosis Vaksin untuk Disumbangkan ke 100 Negara Berpenghasilan Menengah ke Bawah

“Dia bilang, ‘Dr. Ramli i’d love to do this, saya seneng banget kalau Indonesia mau begitu.’ Karena hari ini kita minjemin ke lembaga keuangan, kita yang harus bayar bunga minus 1 persen. Kalau kamu kasih Indonesia, kasih kita satu persen, kita happy banget,” kata Rizal Ramli.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Terkini

X