Emak Emak Perlu Tahu Nih! Akibat Inflasi 0,56 Persen pada Januari 2022, Harga Beras Naik

- Rabu, 2 Februari 2022 | 15:45 WIB
Ilustrasi tumpukan karung beras. /Dok Istimewa/
Ilustrasi tumpukan karung beras. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - BPS (Badan Pusat Statistik) mencatat harga beras di berbagai tingkatan mulai dari penggilingan, grosir hingga eceran meningkat, karena meningkatnya permintaan.

''Harga beras naik, seperti kita tahu akhir tahun lalu stok beras terbatas. Produksi padi di kuartal IV 2021 cenderung rendah, sementara permintaan tidak banyak bergerak,'' kata Kepala BPS, Margo Yuwono, dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Rabu, 2 Februari 2022.

Dalam data yang disampaikan BPS, kebanyakan harga beras kualitas premium di tingkat penggilingan ada di angka Rp 9.824 per kg, naik 1,57 persen dibandingkan bulan Desember.

Baca Juga: Kasus Covid 19 di Kota Semarang Meningkat, Dinkes Prediksi Akan Terjadi hingga Akhir Februari

Sedangkan beras kualitas medium di penggilingan mencapai Rp 9.381 per kg atau naik 2,77 persen.

Menurut Margo, kenaikan harga beras itu lantaran terjadinya inflasi pada Januari 2022 sebesar 0,56 persen, yang memicu kenaikan harga sejumlah bahan makanan.

''Kelompok makanan, minuman dan tembakau memberikan andil inflasi pada Januari sebesar 0,30 persen dengan inflasi mencapai 1,17 persen,'' ungkapnya.

Baca Juga: Korban Tambah Seorang, Kini Total 8 Orang Tewas Akibat Pesta Miras Oplosan di Desa Karangondang Jepara

Dia menjelaskan, tiga komoditas yang memberikan andil inflasi dalam kelompok bahan makanan adalah daging ayam ras dengan andil 0,07 persen, ikan segar 0,06 persen, dan beras 0,03 persen.

Selain beras, sektor lainnya yang turut menyumbang andil besar dalam inflasi Januari adalah perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga yang menyumbang andil 0,10 persen dengan inflasi 0,51 persen.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X