Produk Makanan Eksotis Petai dan Jengkol Ternyata Disukai Mancanegara, Jateng Siap Mengekspor

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 10:50 WIB
Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Jateng Ema Rachmawati, saat memaparkan potensi ekspor di Kantor Pelindo 3 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,  Jumat, 29 Oktober 2021. /Dok. Humas Pemprov Jateng/
Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Jateng Ema Rachmawati, saat memaparkan potensi ekspor di Kantor Pelindo 3 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat, 29 Oktober 2021. /Dok. Humas Pemprov Jateng/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Jateng siap mengekspor produk makanan eksotis dari buah polong-polongan jenis petai dan jengkol ke Australia, Jepang dan India.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Jateng Ema Rachmawati, saat memaparkan potensi ekspor furnitur ke Belgia, Jumat, 29 Oktober 2021.

''Pembahasan dengan Konjen Sydney, mereka minta selain food and beverages, juga minta satu kontainer isinya 25 persen cabe merah frozen, 10 persen petai dan jengkol,” ungkap Ema di hadapan Gubernur Ganjar Pranowo dan hadirin lain, di Kantor Pelindo 3 Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Baca Juga: Penyelundupan Sabu ke Lapas Kedungpane yang Dikemas dalam Bola Tenis Digagalkan, Pelaku dan Penerima Diringkus

Menurut dia, tidak hanya produk makanan eksotis seperti petai dan jengkol yang diminati pasar mancanegara, tapi juga daun singkong, singkong,  dan kakap putih.

Seperti diketahui, pohon petai dan jengkol banyak ditemui di Jateng. Aroma​ unik ​dari jengkol dan petai, bisa membuat semua masakan menjadi sedap.

Petai atau Mlanding (Parkia Speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), begitu pula jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae).

Baca Juga: Malangnya Nasib Pekerja Migran Indonesia! Kerja 12 Tahun Tak Dibayar, Malah Dituntut Ganti Rugi Rp 1,7 Juta

Menurut dia, untuk memenuhi pasar mancanegara itu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jateng.

''Sementara untuk produk kakap putih pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Jateng, dalam memenuhi pesanan tersebut,'' imbuh Ema.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X