Shayne Pattynama Resmi WNI. Mantan Bintang PSIS Semarang Posisinya Terancam

- Selasa, 24 Januari 2023 | 23:11 WIB
Calon Pemain Timnas Indonesia Shayne Pattynama mencium bendera Merah Putih dihadapan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (pssi)
Calon Pemain Timnas Indonesia Shayne Pattynama mencium bendera Merah Putih dihadapan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (pssi)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Timnas Indonesia yang terus berbenah guna menyiapkan diri mengikuti Piala Asia 2023. Kali ini mereka menambah kekuatan di bek sayap atau di gelandang tengah dengan resminya Shayne Pattynama menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Shayne yang lahir dan besar di Belanda, akhirnya resmi berpaspor Indonesia. Pengambilan sumpah pria 24 tahun keturunan Maluku ini dilakukan di Kanwil Kemenkumham, DKI Jakarta, Selasa, 24 Januari 2023.

Pemain yang lahir di Lelystad, Belanda, pada 11 Agustus 1998 itu ditemani oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan utusan PSSI yang mengurus naturalisasi, Hamdan Hamedan.

Baca Juga: Tentang Kekalahan Timnas Indonesia dari Vietnam, Jordi Amat dkk Kurang Ini

"Alhamdulillah Shayne Pattynama telah resmi menjadi warga negara Indonesia setelah diambil sumpahnya. Tentunya ini yang ditunggu-tunggu oleh kita.Terima kasih kepada Bapak Presiden, juga kepada DPR, Komisi III, Komisi X, Menpora, dan semua," kata Mochamad Iriawan usai acara.

Setelah ini, PSSI akan mengurus perpindahan asosiasi Shayne Pattynama di FIFA dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Jika tahapan itu berjalan lancar, maka pemain berusia 24 tahun itu bisa memperkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023.

Kehadiran Shayne sendiri tentu akan menjadi tambahan kekuatan Indonesia. Dan ini akan menjadi ancaman serius bagi tim-tim di Wilayah Asia Tenggara seperti Timnas Vietnam, Timnas Malaysia dan Timnas Thailand di Piala AFF mendatang.

Usai pengambilan sumpah, Shayne yang mengenakan setelan jas hitam dengan berpeci mengaku amat bangga telah menjadi warga Indonesia.

"Saya sangat bangga dan bahagia menjadi orang Indonesia. Ayah saya yang ada di atas sana sekarang akan melihat ke bawah dan bangga kepada saya," kata Shayne Pattynama seperti dikutip laman resmi PSSI.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X