Jordy Amat dan Sandy Walsh Resmi Ber-KTP. 'Saat Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Saya Sampai Menangis'

- Kamis, 17 November 2022 | 22:48 WIB
Jordi Amat Maas dan Sandy Walsh didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memperlihatkan KTP barunya
Jordi Amat Maas dan Sandy Walsh didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memperlihatkan KTP barunya

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com – Pemerintah Indonesia baru saja meresmikan dua pemain naturalisasi, Jordi Amat Maas dan Sandy Walsh.

Keduanya mengucapkan sumpah setia sebagai WNI setelah melalui proses panjang perpindahan status dari warga negara Belanda dan Spanyol.

Keduanya terlihat nampak senang dengan mengenakan pakaian resmi kenegaraan yaitu setelan jas hitam dan peci hitam, keduanya disumpah di Kantor Kemenkumham, Kamis, 17 November 2022.

Baca Juga: Selangkah Lagi Perkuat Timnas Indonesia, Ini Harapan PSSI Terhadap Jody Amat dan Sandy Walsh

"Ini adalah hari yang luar biasa. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI, juga pemerintah Indonesia,’’ kata Jordi usai diambil sumpahnya.

‘’Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saya saat ini, tetapi saya sangat senang. Terima kasih banyak,’’ tambahnya.

Jordi mengaku siap untuk memberikan yang terbaik untuk negara barunya ini termasuk yang terdekat bermain di Piala AFF 2022 juga Piala Asia 2023.

Bagaimanapun, ini adalah negara tempat nenek moyangnya. Dan ini benar-benar menjadi menjadi ancama negara klubnya saat ini, Malaysia. Jordi saat ini bermain untuk klub Johor Darul Ta'zim.

Bukan hanya Timnas malaysia yang terancam, tim-tim seperti Tiimnas Thailand, juga Timnas Vietnam harus ekstra waspada di Piala AFF 2022 mendatang.

Jordi memiliki darah keturunan Indonesia berasal dari neneknya. Nenek Jordi lahir di Makassar. Bahkan Jordi masih keturunan raja Kerajaan Siau, Manalang Doelag Kansil.

Pada 1 Juli 2022 lalu, Jordi juga diberi gelar Pangeran oleh Dewan Kerajaan Kesultanan Adat Nusantara.

Baca Juga: Timnas Indonesia Senior TC 28 November, Kapan Shin Tae-yong Bergabung? Ini Penjelasan PSSI

"Saya cuma mau bilang terima kasih kepada semua pihak yang hadir di sini. Ini adalah hari yang spesial buat saya, buat keluarga saya, buat kakek dan nenek saya. Mereka pasti sangat bangga pada saya,’’ timpal, Sandi Walsh, pemain naturalisasi lainnya.

Walsh adalah pria yang semula berpaspor Belanda Ibu Sandy lahir di Belanda dan Ayah warga negara British UK (Irlandia Utara).

Darah Indonesia Sandy berasal dari Ibunya, dimana ayah dan ibu kandungnya atau Kakek/Nenek Sandy dari Ibunya, sama-sama memiliki darah Indonesia. Hanya, daerah asalnya yang berbeda.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X