PSSI Ajukan Rencana Kongres Luar Biasa ke FIFA dan Minta PT LIB Melakukan RUPS

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 12:34 WIB
Anggota Exco PSSI mendampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan keterangan virtual usai emergency meeting di Kantor PSSI Jakarta (tangkapan layar)
Anggota Exco PSSI mendampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan keterangan virtual usai emergency meeting di Kantor PSSI Jakarta (tangkapan layar)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.comPSSI akhirnya memenuhi desakan pemerintah juga anggota untuk segera menggelar Kongres Luar Biasa PSSI.

Selain itu, rapat Exco juga meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sebagai bagian dari dampak proses hukum yang dialami Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Demikian hasil rapat atau emergency meeting executive committee atau Exco PSSI, Jumat, 28 Oktber 2022 malam yang diumumkan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan lewat video dan keterangan tertulis di laman resmi PSSI, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Baca Juga: Yoyok Sukawi Berbicara Tentang KLB PSSI dan RUPS PT LIB. Ini Sikap PSIS Semarang

‘’Hasil Exco emergency meeting, yang dihadiri oleh 12 anggota Exco memutuskan untuk mempercepat Kongres Biasa Pemilihan melalui mekanisme Kongres Luar Biasa, sesuai tahapan aturan organisasi,’’ kata Iriawan.

Sesuai bunyi pasal 34 ayat 2 statuta PSSI tentang kongres luar biasa, kata Iriawan, seharusnya sekurang kurangnya 2/3 dari delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis.

Dari situ, lanjutnya, Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan Kongres Luar Biasa dalam jangka waktu selambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi selesai.

Namun, jelas Iriawan, berdasarkan rapat Exco PSSI itu, memutuskan mempercepat kongres luar biasa pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya.

Baca Juga: Ketua Umum PSSI Sudah Diperiksa di Polda Jatim Terkait Tragedi Kanjuruhan, Ini Katanya

Iriawan beralasan, Exco memandang PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi (voters) yang mewakili anggota PSSI.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X