Terkait Tragedi Kanjuruhan, Indosiar Klarifikasi Soal Jadwal Pertandingan Liga 1 Arema Vs Persebaya Surabaya

- Sabtu, 22 Oktober 2022 | 18:23 WIB
Direktur Program Indosiar, Harsiwi Achmad, ketika memberikan klarifikasi ke Komnas HAM terkait Tragedi Kanjuruhan soal jadwal Liga 1. /Dok Istimewa/
Direktur Program Indosiar, Harsiwi Achmad, ketika memberikan klarifikasi ke Komnas HAM terkait Tragedi Kanjuruhan soal jadwal Liga 1. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Direktur Program Indosiar, Harsiwi Achmad, mendatangi Kantor Komnas HAM (Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) di Jakarta pada Jumat, 21 Oktober 2022.

Harsiwi Achmad, mengklarifikasi perbedaan keterangan yang diberikan pihaknya, terkait jadwal pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya, yang berujung Tragedi Kanjuruhan hingga menyebabkan 134 orang meninggal.

Setelah melakukan klarifikasi, Harsiwi membantah, memberikan keterangan berbeda dengan dokumen yang berisi komunikasinya dengan pihak PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1.

Baca Juga: Ketua Umum PSSI Sudah Diperiksa di Polda Jatim Terkait Tragedi Kanjuruhan, Ini Katanya

''Yang pertama adalah, Indosiar hadir untuk mengklarifikasi yang sebelumnya dianggap berbeda keterangan dengan dokumen yang kami sampaikan sebelumnya. Kedua,

memang tidak ada perbedaan karena dokumen tersebut merupakan bukti komunikasi Indosiar dengan LIB, untuk saling mencocokkan jadwal sebenarnya,'' katanya kepada para wartawan.

Terkait jadwal pertandingan, Harsiwi mengaku, memang ada upaya dari pihaknya agar pertandingan Arema FC vs Persebaya tetap digelar sesuai jadwal yang diberikan PT LIB sedari awal pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022 pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Polda Jateng Gerebek Tiga Gudang Oli Palsu, Dua Pelaku Pembuatnya Ditangkap

''Acuannya adalah, jadwal awal yang ditentukan, yang diedarkan PT LIB ke semua stakeholder termasuk kami sebelum Liga 1 dimulai. Nah, kemudian dalam konteks ini

wajar ya, jika ada komunikasi dari pihak Indosiar, supaya jadwal pertandingan bisa sesuai jadwal awal, yang sudah ditentukan sebelumnya," jelasnya.

Namun, ia menyampaikan, keputusan penentuan jadwal kewenangan tetap berada di PT LIB sebagai operator Liga 1.

Baca Juga: Kasus Ginjal Akut Dipicu Etilen Glikol dan Dietilen Glikol, Menkes: Dilarang Jual Obat Tercemar EG dan DEG!

''Namun jika ada pertimbangan-pertimbangan lain, termasuk misalnya izin yang diberikan pihak kepolisian, keputusan akhir jadwal pertandingan tetap di LIB. Dan kami tetap mengikuti keputusan tersebut. jadi tetap sama,'' kata Harsiwi.

Seperti diketahui, setelah memeriksa PT LIB, sebelumnya Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengungkapkan, Indosiar memberikan keterangan berbeda, terkait jadwal dengan dokumen yang berisi komunikasi mereka.

''Ini agak berbeda dengan keterangan yang kemarin disampaikan kepada kami. Kami kasih kesempatan sampai minggu ini. Kami butuh penjelasan.'' kata Anam di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu lalu, 19 Oktober 2022.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X