Bertemu Presiden FIFA, Presiden Joko Widodo Bahas Detail Persepakbolaan Berstandart FIFA

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 18:32 WIB
Presiden Joko Widodo dan Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan keterangan pers di Istana Negara Jakarta (tangkapan layar)
Presiden Joko Widodo dan Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan keterangan pers di Istana Negara Jakarta (tangkapan layar)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi ) pada Selasa, 18 Oktober 2022, siang, menyambut kedatangan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta.

Seperti dikutip Antara, Infantino tiba pukul 11.58 WIB untuk disambut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Menteri BUMN Erick Thohir di tangga Istana Merdeka sebelum bertemu langsung dengan Presiden Jokowi.

Petinggi otoritas sepakbola dunia itu kemudian bertemu dengan Presiden Jokowi di Ruang Jepara, Istana Merdeka.

Baca Juga: Presiden FIFA: Piala Dunia U-20 2023 Aman, FIFA Jamin!

Kedatangan Infantino ke Indonesia adalah tindak lanjut atas suratnya kepada Presiden Jokowi yang disampaikan melalui Erick Thohir berkenaan dengan rencana besar transformasi sepakbola Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan.

Surat tersebut berisikan kesiapan FIFA bekerja sama dengan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), pemerintah Indonesja, dan PSSI dalam mentransformasi sepakbola Indonesia.

‘’Hari ini saya bertemu dengan Presiden FIFA, Mr Gianni Infantino, dan tadi kami telah melakukan pembahasan penting mengenai sepakbola Indonesia pasca tragedi di Malang, 1 Oktober 2022,’’ kata Jokowi.

Di situlah, kata dia, Presiden FIFA mengungkapkan rasa duka dan simpati mendalam kepada keluarga korban dan menyatakan kepeduliannya atas tragedi yang terjadi.

Menurut presiden, mereka berdiskusi secara detail. Hasilnya, kedua belah pihak bersepakat bahwa tragedi ini menjadi pelajaran yang sangat penting bagi persepakbolaan Indonesia dan juga bagi dunia sepakbola.

Baca Juga: Ingin BRI Liga 1, Liga 2, Liga 3 Bergulir. TGIPF: Lakukan Ini Dulu

‘’Jangan sampai kejadian ini terulang kembali, jangan sampai kegembiraan menonton pertandingan sepakbola berujung duka dan malapetaka,’’ tegas Jokowi meneruskan hasil pembicaraan keduanya.

Selanjutnya, presiden menjelaskan, bahwa Indonesia dan FIFA bersepakat untuk melakukan transformasi sepakbola Indonesia secara menyeluruh.

Kesepakatan itu memastikan, nantinya semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA. Baik penonton, lanjutnya, ataupun pemain, harus terjamin keamanan dan keselamatannya.

‘’Untuk itu kami sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain,’’ tambahnya.

Baca Juga: TGIPF Rekomendasikan Ketua Umum PSSI dan Exco PSSI Mundur. Atau...

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X