Presiden FIFA: Piala Dunia U-20 2023 Aman, FIFA Jamin!

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 18:23 WIB
Presiden FIFA Gianni Infantino tengah memberikan pernyataan usaai pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta (tangkapan layar)
Presiden FIFA Gianni Infantino tengah memberikan pernyataan usaai pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta (tangkapan layar)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - FIFA memastikan Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 usai Tragedi Kanjuruhan. Hal itu dipastikan Presiden FIFA Gianni Infantino usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta.

‘’Tahun depan kami akan menggelar Piala Dunia U-20 di sini. Ini adalah turnamen terpenting kedua setelah Piala Dunia yang dimulai sebulan lagi di Qatar," kata Infantino usai pertemuan, Selasa, 18 Oktober 2022 di Youtube Sekretariat Presiden.

Infantino berkunjung ke Tanah Air sebagai bentuk tindak lanjut pertemuan dengan Menteri BUMN Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Liga 1 Direncanakan Digelar Lagi 25 Atau 26 November, Setelah Pertemuan FIFA dengan Presiden Jokowi dan PSSI

Selain membahas soal tragedi Kanjuruhan bersama Jokowi dan bersama-sama mencari jalan keluar agar hal tersebut tidak terulang lagi. Apalagi tragedi tersebut dikabarkan sempat mengancam peluang Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Namun dengan pernyataan Infantino itu membuat pemerintah Indonesia cukup lega, bahwa perhelatan akbar pemain muda dunia itu tetp digelar di Indonesia.

Namun memang harus diakui, mengingat adanya korban jiwa sampai 133 orang, maka Indonesia bisa diartikan tidak punya infrastruktur yang aman untuk menggelar pertandingan internasional.

Meski demikian, FIFA yakin kalau Pemerintah Indonesia bersama-sama dengan PSSI dan AFC akan memperbaiki sarana dan prasarana sebelum kickoff Piala Dunia U-20.

Baca Juga: Terkait Tragedi Kanjuruhan, Pemerintah Tak Ikut Mendesak Ketua Umum PSSI dan Pengurus untuk Mundur

"Proyek Piala Dunia U-20 adalah proyek image Indonesia di mata dunia. Image Indonesia nanti bukan negara yang punya insiden sepakbola, tapi negara yang merayakan sepakbola. Sebab sepakbola, adalah kebahagiaan," paparnya.

"Saya bisa jamin, FIFA bersama Anda di sini, FIFA di sini bekerja bareng pemerintah, PSSI, dan AFC untuk mereformasi sepakbola, karena sepakbola harus bahagia,’’ tambah Infantino.

Ia mengatakan, Indonesia adalah negara sepakbola, negara yang begitu mencintai sepakbola. ‘’Kami berutang kepada mereka, bahwa setiap penonton harus merasa aman ketika menonton sepakbola di stadion," tegasnya.

"Oleh karenanya kami ingin membawa ahli-ahli sepakbola dari kami untuk membuat sepakbola menjadi aman,’’ tambahnya.

Baca Juga: TGIPF Rekomendasikan Ketua Umum PSSI dan Exco PSSI Mundur. Atau...

Infantino menjelaskan, untuk even akbar itu, setidaknya FIFA butuh 10 stadion terbaik. Dengan begitu, diharakan agar Indonesia bisa dikenal oleh dunia.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X