Liga 1 Direncanakan Digelar Lagi 25 Atau 26 November, Setelah Pertemuan FIFA dengan Presiden Jokowi dan PSSI

- Senin, 17 Oktober 2022 | 21:14 WIB
Yoyok Sukawi. /Dok Istimewa/
Yoyok Sukawi. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Anggota Executive Committee (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi, menjelaskan mengenai rencana bergulirnya kembali Kompetisi Liga 1 2022-2023.

Menurut Yoyok Sukawi, tidak benar Liga 1 yang sempat terhenti lantaran Tragedi Kanuruhan, akan digelar kembali mulai 7 November 2022.

''Kemarin ada sedikit kesalahpahaman wawancara dengan rekan salah satu wartawan. Jadi, sesuai timeline, Liga 1 akan kembali bergulir pada 25 atau 26 November 2022. Bukan 7 November,'' jelasanya di Semarang, Senin, 17 Oktober 2022.

Baca Juga: PSIS Semarang Datangkan Pemain Asal Kroasia. Berikut Daftar yang Bisa Dicoret

Ia menjelaskan, sebelum Liga 1 dilanjutkan, ada beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu lebih dahulu ada pertemuan antara FIFA dan PSSI, serta FIFA dan AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, untuk koordinasi.

Tak cuma itu, katanya lagi, Presiden FIFA Gianni Infantino juga dijadwalkan akan ke Jakarta, untuk menemui Presiden Joko Widodo dan PSSI.

''Setelah kedatangan FIFA, nanti juga akan ada event FIFA Football for School, yang untuk pertama kalinya memastikan keamanan sepak bola di Indonesia,'' imbuhnya.

Baca Juga: Liverpool 'Nodai' Manchester City Lewat Gol Mo salah

Di bulan November, jelas Yoyok, Presiden FIFA dijadwalkan akan menghadiri event G20 di Bali untuk memaparkan, bahwa Indonesia merupakan tempat yang aman dan nyaman dalam menggelar event sepak bola, serta lebih siap memulai kompetisi.

''Nanti Presiden FIFA juga akan hadir di pertemuan G20, untuk memaparkan bahwa Indonesia negara yang aman dalam menggelar event olahraga, khususnya sepak bola.

Setelah itu, direncanakan pada 15-18 November 2022, akan ada pelatihan serta edukasi untuk penyelenggara dan fase tes kelanjutan Liga 1 2022-2023. Nanti dimananya akan dipilih lebih lanjut,'' papar Yoyok.

Baca Juga: Bus Agra Mas Tabrak Truk Parkir di Tol Kanci Brebes, Tiga Penumpang Tewas dan Lima Orang Luka

Ia mengungkapkan, setelah ada pelatihan dan edukasi penyelenggara liga, kompetisi Liga 1 2022-2023 baru akan dilaksanakan di akhir November.

''Nah di akhir November yang direncanakan pada tanggal 25 atau 26 November, Liga 1 baru aman mulai berjalan secara keseluruhan,'' pungkasnya.***

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X