Rakor Kompetisi Liga 3 Jawa Tengah. Diteken Pakta Integritas Suporter Rusuh Tim Diskualifikasi

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 23:47 WIB
Dir Intelkam Polda Jateng, Kombes Pol Kukuh Kalis Susilo SIK memberikan pengarahan pada 39 klub Liga 3 Jawa Tengah (Didik SP)
Dir Intelkam Polda Jateng, Kombes Pol Kukuh Kalis Susilo SIK memberikan pengarahan pada 39 klub Liga 3 Jawa Tengah (Didik SP)

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com – Sejumlah 39 Klub yang mengikuti Kompetisi Counterpain Liga 3 Jawa Tengah 2022 membuat pakta integritas, jika ada klub yang suporternya rusuh di pertandingan, maka klub yang bersangkutan akan disikualifikasi.

Pakta integritas ini dibuat oleh 39 klub dalam rapat koordinasi antara Asprov PSSI Jateng, Operator Kompetisi Liga 3 Jawa Tengah dan Badan Liga Jawa Tengah di Hotel Plaza semarang, Kamis, 06 Oktober 2022.

Hadir dalam rakor ini, Dir intelkam Polda Jateng Kombes Pol Kukuh Kalis Susilo SIK. Kukuh sendiri berkenan memberikan arahan pada ke-39 klub yang hadir terkait pengamanan pertandingan.

Baca Juga: TGIPF: Semua Kompetisi Liga 1, Liga 2, Liga 3 Dihentikan!!!

‘’Memang pakta integritas ini tidak dimasukkan ke dalam regulasi Kompetisi Liga 3 Jawa Tengah sekarang. Tetapi begitu ada pelanggaran, maka Komisi Disiplin sudah langsung punya dasar untuk menindak,’’ kata Yoyok usai rapat koordinasi.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 3 Jawa tengah 2022 dihentikan sementara sesuai instruksi PSSI dan pemerintah, sampai waktu yang tidak ditentukan, akibat tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang.

Insiden ini sendiri terjadi saat pertandingan lanjutan Kompetisi BRI Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu, 1 Oktober 2022 dan menewaskan 131 orang.

Namun, menurut Yoyok, PSSI akan melihat dalam waktu dua minggu ke depan. Ia berharap dalam dua minggu itu sudah ada hasil dari penyelidikan baik dari PSSI maupun TGIPF, sehingga ada regulasi baru dan kompetisi bisa kembali diputar.

Baca Juga: Update Liga 3 Jawa Tengah. Kompetisi Resmi Ditunda. Ini Laga yang Sebetulnya Siap Digelar Sore Ini

Ia juga berharap, tidak ada sanksi dari FIFA yang justru nanti akan merugikan persepakbolaan nasional secara keseluruhan.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X