Kapolri Tetapkan Dirut PT LIB Bersama Lima Orang Lainnya Sebagai Tersangka Tragedi Kanjuruhan

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:03 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. /Dok Istimewa/
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.comKapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengumumkan enam tersangka Tragedi Kanjuruhan hasil penyelidikan Tim yang dibentuk oleh kapolri untuk mengungkap Kerusuhan Arema vs Persebaya.

Kerusuhan Aremania ini sendiri tercatat menewaskan 131 penonton dalam laga lanjutan BRI Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu 1 Oktober 2022.

Keenam tersangka di Kerusuhan Aremania ini adalah Diriktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Ir Ahmad Hadian Lukita atau Ir AHL, Abdul Haris atau AH (Ketua Panpel), dan Suko Sutrisno atau SS (Security Officer).

Baca Juga: TGIPF: Semua Kompetisi Liga 1, Liga 2, Liga 3 Dihentikan!!!

Sedangkan dari internal Polri adalah WSP (Kabagops Polres Malang), H Danki 3 Brimob Polda Jatim, dan PSA Kasat Samapta Polres Malang.

‘’Mereka melanggar pasal 359 dan 360 KUHP tentang menyebabkan orang mati atau luka-luka berat karena kealpaan. Dan pasal 103 jo pasal 52 UU No 11 tahun 2012 tentang keolahragaan nasional,’’ jelas Kapolri saat jumpa pers, Kamis, 06 Oktober 2022, semalam.

Dijelaskan oleh Kapolri, terkait proses penyelidikan total tim Polri sudah memeriksa 48 orang saksi meliputi 26 personil polri, tiga orang penyelenggaran pertandingan, 8 orang stewart dan 6 orang saksi yang disekitar TKP.

‘’Saat ini kami terus melakukan pemeriksaan-pemeriksaan tambahan terkait dengan insiden itu. Jadi tidak menutip kemungkinan jumlah itu akan bertambah.

Berikut keenam tersangka yang sudah ditetapkan oleh Polri:

  1. Sdr IR AHL (Dir utama PT LIB)
  2. Sdr AH (Ketua Panpel)
  3. Sdr SS (security Officer)
  4. WSP (Kabagops Polres Malang)
  5. Sdr H (Danki 3 Brimob Polda Jatim)
  6. Sdr PSA (Kasat Samapta Polres Malang)

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X