Presiden Bentuk TGIPF, dan Ditarget Tuntas Dalam Sebulan. Ini Tugasnya

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:34 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (Tangkapan layar)
Menko Polhukam Mahfud MD (Tangkapan layar)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Pemerintah akhirnya membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta atau TGIPF untuk menyelidiki Tragedi Kanjuruhan.

TGIPF sendiri diketuai oleh Menkopolhukam Mahfud MD, dengan wakil Menpora Zainudin Aamali, serta sekretaris Nur Rochmad yang juga mantan Jampidum Kejagung yang juga Deputi III Kemenkopolhukam.

‘’Sudah saya sampaikan, diinvestigasi tuntas, diberikan sanksi kepada yang memang bersalah. Saya kira perintah saya sudag jelas pada Menkopolhukam, Kapolri, Menpora, dan semuanya cukup jelas,’’ kata Presiden Joko Widodo atau Jokowi seperti dikutip Antara.

Baca Juga: PSSI Putuskan Kompetisi BRI Liga 1 2022 2023 Ditunda Hingga Batas Waktu Tak Ditentukan

Menurut ketua TGIPF, Presiden bahkan wanti-wanti, agar mereka bisa menuntaskan tugas mereka dalam kurun waktu kurang dari satu bulan untuk menelusuri insiden mematikan yang terjadi setelah pertandingan Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu, 1 Oktober 2022 pekan lalu.

Secara keseluruhan, tim independen bentukan pemerintah ini berisihan 13 orang. Dengan tiga pimpinan tim tersebut, sepuluh anggotanya berasal dari berbagai latar belakang.

Ada Rhenald Kasali, motivator yang juga dosen UI. Lalu ada Rektor UNY, Sumaryanto, Doni Monardo (mantan kepala BNPB), Suwarno (Wakil Ketum 1 KONI), Sri Handayani (Mantan Wakapolda Kalimantan Barat), dan Laode M Syarif (Kemitraan).

Baca Juga: Kapolri Akan Mengusut Tuntas Kasus Tragedi Kanjuruan yang Menewaskan 125 Orang

Untuk yang berlatar belakang sepakbola ada Akmal Marhali (Pengamat Olahraga/Koordinator Save Our Soccer), Anton Sanjoyo (Jurnalis Olahraga-Harian Kompas), Nugroho Setiawan (Mantan pengurus PSSI dengan Lisensi FIFA) dan Kurniawan Dwi Yulianto (Mantan pesepak bola nasional)

"Tim pencari fakta diminta bekerja kalau bisa tidak sampai satu bulan sudah bisa menyimpulkan. Karena masalah besarnya sebenarnya sudah diketahui, tinggal masalah-masalah detailnya yang itu bisa dikerjakan mungkin tidak sampai satu bulan," kata  Mahfud usai bertemun Presiden.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

BRI Liga 1 Dipastikan Kembali Bergulir Tiga Hari Lagi

Sabtu, 3 Desember 2022 | 00:33 WIB
X