Polandia-Spanyol Imbang, Grup E Ketat

- Minggu, 20 Juni 2021 | 12:45 WIB
Para pemain Polandia memberikan salam pada para pendukungnya usai menahan imbang Spanyol (Didik SP)
Para pemain Polandia memberikan salam pada para pendukungnya usai menahan imbang Spanyol (Didik SP)

SEVILLA, suaramerdeka-wawasan.com - Timnas Spanyol terseok-seok menjalani Piala Eropa 2020 ini. Setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Swedia, kali ini Polandia yang menahan mereka 1-1.
Pada matchday kedua Grup E Piala Eropa 2020, Minggu (20/6/2021) dini hari WIB di Estadio Olimpico de La Cartuja, Sevilla, Spanyol lebih dulu mencetak gol melalui aksi Alvaro Morata di menit ke-25.
Namun, setelah turun minum, Robert Lewandowski memupus kemenangan Spanyol. Lewat sundulan kepalanya di menit ke-54 ia mengubah skor menjadi 1-1.

Baca Juga: Bangkit, Jerman Lumat Portugal

Baca Juga: Verratti Akan Tampil Lawan Wales

Sayangnya, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga usai. Dengan hasil imbang 1-1 itu, La Furia Roja tertahan di posisi tiga klasemen Grup E dengan dua poin.
Alvaro Morata dan kolega kini berjarak dua poin dari Swedia yang memuncaki klasemen. Posisi dua untuk sementara waktu dihuni oleh Slovakia dengan nilai tiga.
Meski posisinya kritis di peringkat ketiga, namun Pelatih Spanyol, Luis Enrique, tetap berkeyakinan timnya mampu lolos ke babak 16 Besar.
Dan hasur dicatat, hasil ini membuat persaingan di grup ini jadi ketat. Setiap tim menentukan dirinya sendiri-sendiri.
Namun, kata Enrique, sekarang timnya sudah tak punya pilihan lagi selain memenangi laga terakhir melawan Slovakia.
“Tidak ada yang mengatakan ini akan mudah, tetapi apapun, hasil imbang ini membuat kami masih punya peluang untuk lolos dari grup jika kami mengalahkan Slovakia,” katanya di laman UEFA, Minggu (20/6/2021).
Perebutan tiket babak 16 besar di Grup E Piala Eropa 2020 akan ditentukan pada matchday ketiga. Spanyol akan menghadapi Slovakia, sedangkan Polandia bentrok Swedia. Kedua pertandingan tersebut digelar serempak Rabu (23/6/2021) malam WIB. Keempat kesebelasan masih berpeluang lolos jika memetik kemenangan
Kalau Spanyol merasa hasil imbang ini menipiskan peluang mereka, bagi Polandia hasil ini justru membuka asa mereka untuk tetap bisa melaju ke 16 besar Euro 2020.
Pelatih Polandia, Paulo Sousa mengatakan, ia memang memotivasi pemainnya untuk bermain lebih berani. Ini salah satu kunci timnya bisa bangkit dan lebih percaya diri di babak kedua.
Dan memang, Polandia bermain lebih agresif di babak kedua, setelah merasakan tekanan dalam 45 menit pertama di Sevilla.
Sousa juga memuji kapten timnya Robert Lewandowski. "Kami melihat terutama Lewandowski dia berjuang hampir di setiap momen, Energinya dibagikan untuk semua orang,'' pujinya.
Menurut Sousa, bintang Bayern Munich itu memenangkan setiap tantangan. Ia mengoper, banyak berlari dan terlibat dalam setiap pergerakan tim.
"Jika Anda memiliki salah satu yang terbaik di dunia yang dapat bekerja seperti itu, itu akan berdampak besar pada tim," tambahnya.
Ada beberapa peluang dari Lewandowski cs yang sebenarnya bisa dimaksimalkan untuk menjadi gol namun di babak pertama gagal menghasilkan gol.
Di babak kedua memang lebih baik. "Di babak kedua kami meningkat. Lini tengah kami bermain dengan berani dan lebih dekat dengan pertahanan kami. Ada peluang lebih banyak untuk mencetak gol," jelasnya.
Keempat tim tersebut masih berpotensi lolos ke babak 16 besar Euro 2020 dengan catatan. Swedia yang kini memuncaki klasemen akan lolos jika terhindar dari kekelahan melawan Polandia pada matchday ketiga penyisihan grup Euro 2020.
Jika Swedia kalah dan pertandingan lainnya seri, Swedia, Slovakia, dan Polandia akan dibagi untuk tempat pertama hingga ketiga berdasarkan hasil antara ketiga tim, bahkan selisih gol. Jika Swedia kalah atas Polandia mereka akan menempati peringkat 3.
Sedangkan Slovakia akan lolos jika mereka mengalahkan Spanyol, atau jika mereka seri dan Swedia terhindar dari kekalahan atas Polandia.
Lalu bagaimana dengan Spanyol? Spanyol akan lolos jika mengalahkan Slovakia. Jika La Furia Roja seri, mereka akan finis ketiga kecuali jika Polandia menang atas Swedia.

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X