Gol Alfeandra Dewangga Dianulir Wasit. Bagaimana Sebenarnya Aturannya?

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 18:23 WIB
Sebuah peluang Delvin Rumbino yang sudah melewati garis namun tak terlihat oleh wasit
Sebuah peluang Delvin Rumbino yang sudah melewati garis namun tak terlihat oleh wasit

BANDUNG, suaramerdeka-wawasan.com – gelandang Timnas Indonesia milik PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga, sempat mencetak gol untuk Laskar Mahesa Jenar ke gawang Persib Bandung, namun gol ini dianulir wasit Totok Fitrianto, meski sempat ia sahkan.

Dalam laga di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Bandung, Sabtu, 13 Agustus 2022, sore, tuan rumah Persib Bandung sukses meraih kemenangan pertamanya musim ini setelah menaklukkan PSIS Semarang dengan skor tipis 2-1

Persib Bandung unggul dulu di menit ke-25 melalui penalti David da Silva. Sedangkan PSIS Semarang membalas enam menit kemudian lewat gol Taisei Marukawa. Sedangkan gol kemenangan Persib Bandung dicetak pada menit ke-65 melalui kaki David da Silva lagi.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Persib vs PSIS. Full Time: Gol Alfeandra Dewangga Dianulir PSIS Akhirnya Kalah

PSIS Semarang sempat membuat gol dipenghujung laga ketika lemparan kedalam Alfeandra Dewangga berhasil masuk. Wasit sempat mengesahkan gol, namun kemudian menganulir setelah diprotes para pemain Persib.

Namun sebenarnya bagaimana aturan gol dari lemparan ke dalam atau throw in? Kenapa wasit Toto Fitrianto sempat mengesahkan gol Dewangga tapi kemudian menganulirnya?

Merunut Law 15 yang tercantum dalam IFAB Laws of the Game 2021/22, sebuah gol tidak bisa dicetak langsung dari throw-in.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, jika lemparan ke dalam itu langsung menembus jala lawan, hasilnya hanya tendangan ke gawang untuk tim yang 'kebobolan' tersebut.

Memang, lemparan kedalam Dewangga tidak menyentuh pemain PSIS Semarang satupun. Tetapi lemparan itu sempat mengenaii kaki I Made Wirawan.

Kejadian menarik tercipta saat Indonesia bentrok dengan Timor Leste di laga uji coba pertama pada Januari 2022. Waktu itu Arhan menunjukkan kebolehannya, dengan lemparan yang ia lakukan berbuah gol.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X