Kongres Asprov PSSI Jateng 2022. Liga 3 Jateng Kick Off 11 September. Simak Regulasi Umum & Tahapannya

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 21:47 WIB
Ketua Asprov PSSI Jateng Yoyok Sukawi berfoto bersama jajaran Exco saat kongres (Didik SP)
Ketua Asprov PSSI Jateng Yoyok Sukawi berfoto bersama jajaran Exco saat kongres (Didik SP)

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com – Kompetisi Liga 3 Jateng 2022, akan bergulir mulai 11 September 2022 mendatang. Keputusan itu diungkapkan di hadapan perwakilan klub member dalam Kongres Tahunan Asprov PSSI Jateng 2022.

Kongres Tahunan Asprov PSSI Jateng 2022 digelar di Hotel Candi Indah Semarang, Sabtu, 16 Juli 2022, beberapa keputusan diambil dalam Kongres, yang salah satunya adalah pelaksanaan Kompetisi Liga 3 Jawa Tengah 2022.

‘’Tahapan kompetisi akan kita mulai dari Agustus, tetapi pelaksanaan Kompetisi Lliga 3 Jateng 2022 akan kick off 11 September 2022,’’ kata Salah satu Exco Asprov PSSI Jateng, Joni Kurnianto.

Baca Juga: Tujuh Klub Baru Disahkan Asprov PSSI Jateng Dalam Kongres Tahunan 2022

Kompetisi di awal atau penyisihan akan menggunakan sistem kombinasi, grupping dan kompetisi penuh. Selanjutnya akan akan menggunakan sistem gugur seperti biasa. Hanya saja, semua tergantung pada seberapa banyak peserta yang mendaftar.

Asprov PSSI Jateng juga memutuskan, tahun kelahiran pemain klub peserta adalah 1 Januari 2000 – 31 Desember 2004. 

‘’Setiap tim boleh memakai lima pemain senior, tetapi nanti hanya tiga yang boleh masuk ke DSP,’’ jelasnya.

Persyaratan lain, tidak ada pemain dan pelatih yang berstatus WNA. Sedangkan untuk pelatih dan asisten pelatih, kata Joni, harus bersertifikat minimal Lisensi C AFC.

Tahapan Kompetisi

Dijelaskan oleh Joni, tahapan Kompetisi Liga 3 Jateng akan diawali pada 6 Agustus 2022, yaitu sosialisasi kompetisi. 

Baca Juga: Kongres Asprov PSSI Jateng 20022. Bona Berharap, Jadi Momentum Kebangkitan Sepakbola Jawa Tengah

Di sini, jelasnya, seperti biasa, semua klub akan diundang untuk menerima penjelasan detail tentang kompetisi kasta tertinggi Jawa Tengah ini.

Tahapan selanjutnya adalah pendaftaran klub yang akan dimulai dua hari kemudian yaitu tanggal 8 Agustus. Pendaftaran kata dia, akan diadakan selama sepekan lebih atau sekitar 8 hari.

‘’Selama itu, tim Asprov PSSI Jateng dalam hal ini operator kompetisi akan melakukan verifikasi stadion, untuk memastikan stadion layak dipakai untuk menggelar kompetisi. Jika tidak, dipersilahkan klub untuk mencari stadion alternatif yang layak,’’ katanya.

Semua itu, lanjut CEO Persipa Pati itu, syarat dan detailnya juga akan dibicarakan saat sosialaisasi kompetisi, dan klub bisa banyak bertanya di sosialaisasi ini.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X