Sejumlah Pemain Timnas U-23 Positif Covid 19 dan Cedera, PSSI Minta Maaf Batal Ikut Turnamen Piala AFF 2022

- Jumat, 11 Februari 2022 | 10:35 WIB
Timnas Indonesia U-23 saat latihan di Bali untuk persiapan ke Piala AFF 2022. /Dok PSSI/
Timnas Indonesia U-23 saat latihan di Bali untuk persiapan ke Piala AFF 2022. /Dok PSSI/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Sudah memanggil pemain dan melakukan persiapan, Timnas U-23 Indonesia akhirnya batal mengikuti Turnamen Piala AFF U-23 di Kamboja yang dijadwalkan digelar 14-26 Februari 2022.

Pembatalan terkait keikutsertaan Timnas Indonesia U-23 dalam gelaran Piala AFF U-23 2022 itu, diumumkan PSSI melalui laman resminya pada Jumat, 11 Februari 2022.

Disebutkan di laman itu, PSSI juga meminta maaf dan turut menyesalkan kejadian yang membuat Timnas U-23 Indonesia batal tampil di Piala AFF U-23 2022.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Covid 19, Begini Cara Dapatkan Konsultasi Dokter dan Obat Gratis lewat Telemedicine

PSSI menyebutkan alasan pembatalan ikut turnamen itu, yakni banyak pemain yang positif Covid-19. Tercatat, ada tujuh pemain dan seorang ofisial yang terpapar virus Corona.

Tujuh pemain itu adalah, Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Selain itu, ada empat pemain yang menunggu masa inkubasi, karena satu kamar dengan mereka yang terpapar covid-19, yaitu Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Baca Juga: Selama Pandemi 2021 Tagihan ke Pemerintah Masih Rp23 Triliun, Menkeu: Covid 19 Varian Delta Sangat Mahal

Masih ada lagi alasan lainnya, yaitu ada tiga pemain yang mengalami cedera, dan tak mungkin bisa diturunkan yakni Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.

Tiga pemain itu mengalami cedera, saat memperkuat klubnya masing-masing di BRI Liga 1. Sehingga, tiga pemain itu saat ini sedang dalam masa pemulihan.

Dengan adanya pemain yang kondisi tak siap itu, kini juga hanya tersisa satu orang kiper, yakni Muhammad Riyandi. Padahal, Riyandi baru saja menjalani karantina selama 10 hari.

Baca Juga: Selama Dua Pekan Kasus Covid 19 Melonjak, Hendi Sebut Didominasi Klaster Pendidikan dan Perusahaan

Praktis, tak ada kiper yang siap tampil berikut cadangannya, lantaran seorang kiper lainnya, yakni Cahya Supriyadi, saat juga positif Covid-19.

Kondisi ini membuat pelatih Timas U-23, Shin Tae-yong, mengirim surat resmi kepada federasi, dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23.

Permintaan Shin Tae-yong ini kemudian direspons oleh PSSI, akhirnya diputuskan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di turnamen itu.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X