Jokowi Apresiasi Timnas Indonesia Meski Gagal Merebut Gelar Juara

- Minggu, 2 Januari 2022 | 10:35 WIB
Kapten tim Indonesia Evan Dimas Darmono menerima trofi Tim Fair Play Piala AFF 2020
Kapten tim Indonesia Evan Dimas Darmono menerima trofi Tim Fair Play Piala AFF 2020

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Presiden RI, Joko Widodo, mengapresiasi perjuangan  Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 meski harus gagal juara. Meski hanya jadi runner up, namun Jokowi mengaku sangat bangga.

"Meski belum juara, saya dan seluruh rakyat Indonesia tetap bangga atas perjuangan Anda semua," kata Presiden Jokowi melalui akun resmi media sosial Instagram @jokowi yang diunggah di Jakarta, Sabtu, 01 Januari 2022.

Timnas Indonesia gagal merebut gelar juara setelah di leg kedua Final Piala AFF 2020, hanya bermain imbang 2-2 dengan Timnas Thailand. Dengan mengalahkan Indonesia mereka menang secara  agregat dengan skor 6-2, karena menang 4-0 di leg 1.

Baca Juga: Indonesia Tim Fair Play Meski Gagal Juara Piala AFF 2020, Arhan Pemain Muda Terbaik

Baca Juga: Asnawi Mangkulam Dkk Diminta Belajar Pengalaman Leg 1 untuk Bangkit di Leg 2

Dua gol Timnas Indonesia dicetak oleh Ricky Kambuaya pada menit ke-7 dan Egy Maulana Vikri menambahnya di menit ke-80.

Sedangkan Dua gol Timnas Thailand diawali oleh gol Adisak Kraisorn pada menit ke-56 yang disusul gol kedua dua menit kemudian yang dicetak Sarach Yooyen.

Dengan hasil tersebut, Timnas Indonesia menjadi negara paling banyak mengantongi prestasi peringkat kedua Piala AFF yaitu enam kali. Indonesia lolos ke final masing-masing tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016 dan 2021.

Meski kembali gagal, Presiden menilai, Asnawi Mangkualam dkk telah berjuang gigih dan sportif dalam turnamen itu. "Bagi Timnas Indonesia, kalian sudah berjuang dengan gigih dan sportif," ujarnya.

Nyatanya, Timnas Indonesia dinyatakan sebagai Tim Fair Play oleh AFF. Bukan hanya itu, sejumlah pemain juga mendapatkan gelar individu. Ricky Kambuaya dinobatkan sebagai Man of the Match, sedangkan Pratama Arhan merebut NXGN Award sebagai pemain Muda Terbaik.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Laga Uji Coba Melawan Arema FC untuk Evaluasi

Jumat, 20 Mei 2022 | 23:01 WIB
X