Empat Pemain Timnas Indonesia Dilarang Tampil di Leg 2 Final Piala AFF 2020, Ini Kronologisnya

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 21:18 WIB
Keempat pemain Timnas Indonesia yang dilarang tampil di leg kedua Final Piala AFF 2020 melawan Timnas Thailand (PSSI)
Keempat pemain Timnas Indonesia yang dilarang tampil di leg kedua Final Piala AFF 2020 melawan Timnas Thailand (PSSI)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com –Pemerintas Singapura membuat sebuah keputusan yang sangat merugikan Timnas Indonesia. Pemerintah Negeri Jiran itu melarang empat pemain Timnas Indonesia ikut berlaga di Laga Leg 2 Final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura semalam.

Berdasarkan keterangan SportSG, seperti dikutip Goal Indonesia, federasi sepakbola Singapura (FAS) dan federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) telah mengonfirmasi keempat pemain itu meninggalkan hotel tempat mereka menginap pada malam hari selama dua jam.

Keempat pemain Timnas Indonesia yang dilarang melawan Thailand di leg 2 Final Piala AFF 2020 tersebut adalah Elkan Baggott, Victor Igbonefo, Rizky Dwi, dan Rizky Ridho. Mereka dianggap melanggar rencana perjalanan yang dikendalikan atau yang lazim disebut Aturan Bubble.

Baca Juga: Evan Dimas: Lupakan Kekalahan, Main dengan Rasa Haus Kemenangan

Baca Juga: Asnawi Mangkulam Dkk Diminta Belajar Pengalaman Leg 1 untuk Bangkit di Leg 2

Investigasipun selanjutnya dilakukan, dan komite disiplin AFF telah membentuk tim untuk melakukan penyelidikan. Setelah investigasi selesai dilakukan, keempat pemain ini terbukti melakukan pelanggaran rencana perjalanan yang dikendalikan, dan dihukum tidak akan tampil dalam pertandingan.

“Kami menggelar kegiatan seperti Piala AFF 2020 di bawah langkah-langkah manajemen keamanan yang ketat untuk melindungi para peserta turnamen dan masyarakat,” demikian pernyataan ketua SportSG, Su Chun Wei, dikutip laman The Straits Times.

“Kami sudah menekankan hal ini kepada semua tim yang berlaga di Piala AFF 2020, dan bekerja keras untuk menyediakan lingkungan yang aman bagi para pesepakbola dan peserta lainnya.”

“Empat pemain melanggar peraturan, dan membahayakan keselamatan orang lain. Karena itu, kami mengambil tindakan terhadap mereka. SportSG berterima kasih kepada AFF karena telah bekerja sama dengan kami dalam masalah ini.” tambah pernyataan itu

Singapura merupakan salah satu negara yang sangat ketat dalam menjalankan protokol kesehatan selama masa pandemi. Apalagi pada akhir tahun kemarin ditemukan kasus COVID-19 varian Omicron di negara tersebut.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Laga Uji Coba Melawan Arema FC untuk Evaluasi

Jumat, 20 Mei 2022 | 23:01 WIB
X